Founder
Aditya Indra Lesmana - Hanya seorang manusia biasa yang suka dengan makhluk yang disebut "LOLI" yang sedang berkuliah dibidang Teknik Informatika dan suka hal yang berbau dengan desain Photoshop atau Web mempunyai keinginan kecil agar bisa ke Stadion Santiago Bernabéu :3


#TeamOnodera
Posted by : Aditya Indra Lesmana Sabtu, 11 Juli 2015


wordpress atau blogspot masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Setiap kelebihan dan kekurangan blogspot atau wordpress ini patut diketahui bagi siapa saja yang akan memutuskan akan menggunakan wordpress atau blogspot. Dalam akhir tulisan saya di bawah ini, saya akan menyimpulkan dan memberi saran kepada Anda dalam memilih blogspot atau wordpress. Untuk dapat menggunakan blogspot atau wordpress cukup Anda siapkan sebuah akun surel atau email saja agar dapat mendaftar di blogspot atau wordpress.com.

Perbedaan antara wordpress.com dengan wordpress.org

Agar Anda tidak terlalu bingung saat memilih memilih blogspot atau wordpress, akan saya terangkan terlebih dahulu perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org. Secara singkatnya, perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org yaitu, wordpress.com gratis dan Anda hanya fokus menulis saja, sedangkan di wordpress.org Anda akan ‘berpusing-pusing’ ria dengan hosting dan jelas akan mengeluarkan biaya.  Berikut ini gambar penjelasan Berbahasa Indonesia mengenai perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org yang saya ambil dari wpkreativ.com atau Anda bisa lihat penjelasan resmi perbedaan wordpress.com dengan wordpress.org di sini.
Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org
Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org Sumber:wpkreativ.com/apa-perbedaan-wordpress-com-dengan-wordpress-org/
Mengapa sebelum Anda memilih blogspot atau wordpress saya menjelaskan terlebih dahulu mengenai perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org? Karena pada awalnya saya kira wordpress itu sama saja, ternyata setelah saya akan bermigrasi dari blogspot ke wordpress.org atau wordpress self host, ternyata ada perbedaan yang cukup mencolok antara wordpress.com dan wordpress.org.
Baiklah, setelah Anda mengetahui perbedaan antara wordpress.com dan wordpres.org (termasuk domain danhosting), saatnya kita masuk ke pembahasan utama yaitu membahas perbedaan yang mendasar antara blogspot.com atau blogger dengan wordpress dari jenis wordpress.org.
Sebelumnya ada baiknya memahami istilah berikut ini. Jika diibaratkan sebuah rumah, maka:
  • Domain = Alamat rumah
  • Hosting = Luas tanah atau lahan tempat tinggal rumah tersebut
  • Blogspot atau WordPress = Model rumah

Perbedaan Antara Blogger atau Blogspot, WordPress.com dan WordPress.org

Bagi saya, perbedaan yang sangat mendasar sekali bagi saya antara blogspot dengan wordpress.org adalah dalam hal hosting dan domain, blogspot gratis dan wordpress.org berbayar. Karena itu saya hanya membahas perbedaan antara blogger atau  blogspot dengan wordpress (wordpress.org) dari segi domain (alamat blog) dan dari segi hosting (inang atau tempat di mana blog disimpan).

Blogspot atau Blogger

Blogger atau BlogspotDomain: Gratis, namun akan ada embel-embel .blogspot.com di belakang nama domain pilihan Anda (contoh, www.namaanda.blogspot.com). Anda dapat menggunakan nama domain sendiri pilihan Anda (custom domain) dan cara petunjuk mengubahnya akan tergantung di tempat dimana Anda membeli domain Anda. Jika Anda membeli domain di tempat yang cukup ‘terkenal’ seharga di kisaran USD $10-$15 per tahun, maka Anda tidak akan kesulitan melakukan perubahan domain Anda (custom domain).
Hosting:
  1. Gratis, gratis, gratis.
  2. Daya tampung pengunjung blog yang dapat dikatakan ‘tidak terbatas’. Bayangkan jika blog Anda dikunjungi 40 ribu pengunjung setiap hari atau 1.000 orang lebih setiap jamnya, luar biasa bukan.
  3. Kapasitas hosting yang sangat besar atau mungkin boleh dikatakan tidak terbatas.
  4. Server hosting yang cepat.

WordPress.com

logo wordpress.com
Penjelasannya sama dengan blogspot atau blogger di atas baik dari segi hosting atau domain. Jika Anda menggunakan wordpress.com, maka akan ada .wordpress.com di belakang domain Anda, contohnya www.namaanda.wordpress.com. Namun di wordpress.com, mereka banyak menyediakan fasilitas peningkatan (upgrade), namun itu hanya cocok bagi Anda yang ingin langsung jadi, karena biayanya bagi saya cukup mahal jika dibandingkan dikerjakan sendiri.

WordPress.org

Logo WordPress.org
Domain: Berbayar. Anda diharuskan membayar uang langganan setiap tahunnya kepada tempat dimana Anda membeli domain (registrar). Biayanya bervariasi dan jika beruntung Anda akan mendapatkan diskon domain dari registrar tersebut.
Hosting: Berbayar. Setidaknya Anda diharuskan mengeluarkan uang paling sedikit sekitar Rp50.000 per tahunnya. Semakin besar anggaran uang untuk pembelian hosting, semakin besar pula fasilitas yang Anda dapatkan. Menurut saya, paling tidak Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp50.000 per bulan jika Anda ingin bersaing dengan fasilitas hosting dari blogger.

Pilih Blogspot atau WordPress? Bagus Blogger atau WordPress?

Blogger aka. Blogspot:

Cocok bagi Anda yang sedikit memiliki hobi utak-atik blog.

WordPress.com:

Cocok bagi Anda yang hanya fokus menulis saja.

WordPress.org:

Kalau boleh saya bilang, wordpress.org adalah tahapan menengah atau advance. WordPress.org cocok digunakan bagi Anda yang ingin secara total mengatur blog Anda. Istilah dari wordpress-nya adalah “Get your hands dirty” atau kalau dari saya “Selamat berpusing-pusing ria“. Dalam penggunaan wordpress.org, Anda diwajibkan mengetahui dan memahami soal hosting dan domain.

Saran saya dalam pemilihan blogger aka. blogspot atau wordpress.com atau wordpress.org:

Secara pribadi, saya menyarankan untuk mulai menggunakan blogspot atau blogger terlebih dahulu dibandingkan menggunakan wordpress.com. Alasan yang kuat bagi saya adalah, template blogspot (jika di wordpress istilahnya adalah themes) atau tema tampilan blog tidak sulit di utak-atik. Bahkan kita bisa membeli atau memasang template khusus pilihan kita, hal yang tidak bisa dilakukan di wordpress.com. Templateblogspot tersebut banyak tersedia secara gratis dan berbayar. Selain alasan tersebut, di blogspot Anda tidak akan menemukan tampilan iklan di blog yang kita miliki, beda halnya jika kita menggunakan wordpress.com. Bisa jadi, sesekali akan ada iklan muncul di blog wordpress.com milik kita.
Silakan gunakan wordpress.com jika Anda ‘tidak mau ambil pusing’ dengan tampilan blog Anda (themes atautemplate). WordPress.com banyak menyediakan themes yang menurut saya tampilannya banyak yang elegan dan bagus-bagus dan siap dipasang secara instan di blog wordpress Anda. Jika tulisan Anda bagus-bagus, besar kemungkinan pengunjung akan menyukai blog Anda dan blog Anda yang bermesin wordpress bisa jadi akan ramai dengan pengunjung. Tugas Anda di wordpress.com hanya menulis dan menulis saja.
Migrasi Blogspot ke WordPress.org Gambar:youngflavor.net
Begitu Anda sudah merasa nyaman menggunakan blogspot atau wordpress.com, Anda dapat melakukancustom domain atau membeli nama domain pilihan Anda untuk blogspot atau wordpress Anda. Bila penggunaan blog hanya sebatas kebutuhan pribadi saja, saya sarankan tetap menggunakan blogspot atau wordpress.com saja (setelah custom domian tentunya). Namun jika blogspot atau wordpress yang Anda gunakan itu adalah untuk kebutuhan transaksi (bisnis) atau itu adalah ‘lapak’ Anda, maka jika Anda sudah siap secara keuangan, beralihlah menggunakan wordpress.org apakah itu dari blogspot atau wordpress.com. Selain Anda terhindar dari rasa kekhawatiran akan tiba-tiba blog Anda dihapus oleh pemiliknya (khususnya oleh google sebagai pemilik blogger atau blogspot atau wordpress pemilik wordpress.com) -jika tidak mematuhi peraturan pemiliknya- Anda akan memilki banyak pilihan yang lebih di wordpress.org, khususnya plugin, yang tidak akan Anda dapatkan di blogspot atau wordpress.com.
Sumber : Tarjiem

2 komentar

  1. kita dari perusahaan properti ingin mengajak teman2 blogger untuk melakukan paid review

    untuk teman2 yang berminat melakukan paid review dan memiliki niche sbb:

    rumah
    desain rumah
    berita
    properti
    arsitek
    dekorasi
    atau yang berhubungan dengan niche diatas.

    kita akan menawarkan mulai dari rp. 250rbu-500rbu / blog post tergantung kualitas blognya dengan jumlah kata min. 400 kata.
    dan mencantumkan minimal 2 link ke situs yang kita minta.

    blog harus memiliki min. pr 1 dan berumur min. 1 tahun.

    yang berminat silahkan PM ke inbox
    soffian rahmat ( www.facebook.com/soffianrahmat1 )
    atau kirim email developerrumahku@gmail.com

    BalasHapus
  2. For all theclash of clans players http://maxclashgems.com Bets players secretly use this! (nCPTX)

    BalasHapus

Back to top

© 2014 - Blog Indra-kun - All Rights Reserved
Design by Aditya Indra Lesmana - Template by Djogzs